Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 24 Oktober 2017

Tag:

Seminar Nasional: Renewable Energy for Indonesia


Sabtu, 7 Oktober 2017 di Gedung Justitia III, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) Universitas Jenderal Soedirman telah sukses melaksanakan seminar nasional dengan mengangkat tema Renewable Energy for Indonesia yang berjudul “Great Solution For the Better Future”. Seminar nasional tersebut sukses membawa atmosfir semangat baru bagi pemanfaatan Energi Baru Terbarukan di Indonesia.
Beberapa urgensi perlunya membahas topik ini adalah karena kondisi Energi di Indonesia seperti kapasitas pembangkit listrik EBT yang perlu ditambah, distribusi energi perlu ditingkatkan guna meningkatkan rasio elektrifikasi dan energi dapat dinikmati secaramerata serta terjangkau harga energi harus ditekan makin murah (affordable), energi Indonesia masih didominasi energi fosil, potensi Energi Terbarukan yang berlimpah belum termanfaatkan secara maksimal serta penggunaan energi belum efisien. Bersama Bapak Drs. Wawan Supriatna, M.Pd. Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, mengulas kebijakan Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi, rasio elektrofikasi nasional, program priotitas EBTKE Nasional, target penyediaan energi serta peraturan undang-undang yang mendukung.
Pada kesempatan ini, dibahas pula Teknologi Tepat Guna untuk EBT serta Isu-isu Energi Terbarukan Indonesia bersama Bapak Prof. Adj. Dr. Ir. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc, Ketua Pakar NGO Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia.  
Pengembangan Energi Terbarukan telah menjadi tren dunia. Walaupun pengembangannya sudah digenjot bauran Energi Terbarukan dalam Energy Mix dunia masih 10 % saja. Teknologi Enerrgi Terbarukan yang sudah mapan adalah Hydro, Geothermal, Solar Wind, dan Biomass. Tambahan kapasitas terbanyak 10 tahun terakhir adalah Solar dan Wind.
Para Ahli memperkirakan biaya produksi listrik Energi Terbarukan akan terus menurun dan dimasa depan akan lebih murah dari pada listrik Fosil. Karena itu Pengembangan Energi Terbarukan hakekatnya Investasi Masa Depan. Kebijakan Energi di Indonesia masih kurang menunjukkan keberpihakkan terhadap ET. Krisis energi bila terjadi, lebih disebabkan oleh kekurangan infra struktur dan mismanagement dari penyediaan energi primer.

 

Tentang Rijal Islami

Hello Voltase! Terima kasih telah mengunjungi web dari HMTE Unsoed. Ikuti terus kabar-kabar dari HMTE Unsoed dengan cara selalu mengunjungi web ini. Jangan lupa juga untuk mengikuti kabar dari HMTE Unsoed melalui media sosial yang ada. Terima kasih!

0 komentar:

Posting Komentar